Belajar Berbagi Lewat Kegiatan Donor Darah

Oku Timur-  pekan lalu (23/5) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Nurul Huda mengadakan kegiatan donor darah yang diusung oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada 22 mei kemarin bertempat di Kampus C Tanah Merah. Kegiatan ini berlangsung dari pagi hingga siang hari, dan diikuti oleh banyak peserta undangan. Acara yang dibuka oleh Wakil Ketua II STKIP Nurul Huda  Bapak Siojul Muntholib M.Pd.I, dan dihadiri oleh  Wakil Ketua III bidang kesiswaan Bapak Effendi, M.Pd , Bapak Suhartono,M.Pd.I perwakilan dari prodi lain dan Ibu Vovi Shinta M.E, selaku perwakilan dari Kaprodi Pendidikan Ekonomi yang kebetulan saat itu berhalangan hadir, serta mendapat banyak dukungan  dari berbagai kalangan masyarakat. Seperti disampaikan pada acara pembukaan olehPimpinan STKIP Nurul Huda”kami sangat mendukung penuh kegiatan yang diadakan oleh mahasiswa prodi Ekonomi ini, kami berharap kegiatan ini tidak berhenti sampai disini saja,”ujarnya ketika memberikan sambutan pada acara pembukaan itu”. Menurutnya, kegiatan ini sangat bermanfaat, dan beliau mengapresiasi hasil kerja seluruh panitia yang  tidak lain diketuai oleh Nanda Novriansha, mahasiswi dari semester IV. “Kegiatan ini merupakan gebrakan luar biasa yang dilakukan oleh prodi Ekonomi, berani dan optimis,” sambung beliau.

Mahasiswa prodi Ekonomi tidak sendiri dalam menyelenggarakan kegiatan ini,  mereka dibantu oleh Tim Medis dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)  OKU Timur, yang  juga turut mensukseskan kegiatan donor darah itu. Tim medis dari Rsud Oku Timur Dr. Dedi Damhudi mengatakan, bahwa mereka sangat senang dan berterimakasih telah ikut berpatisipasi dalam kegiatan yang nantinya mampu menyambung nyawa orang lain. Menurutnnya, kegiatan ini merupakan salah satu cara berbagi kepada orang lain. ”Kegiatan ini sangat bagus, ini merupakan salah satu  cara kita berbagi kepada orang lain,” ucapnya ketika memberikan sambutan mengenai manfaat donor darah.  Beliau juga mengatakan, bahwa donor darah justru akan membuat  kita menjadi sehat, dan melatih jiwa atau diri ini untuk berbagi kepada orang lain. Beliau juga menjelaskan, ada beberapa  kategori yang sangat membutuhkan darah. Pertama, ibu yang setelah melahirkan. Menurutnya, kategori ini sangat membutuhkan darah, karena setelah melahirkan seorang Ibu kehilangan banyak darah. Kedua, orang yang mengalami kecelakaan. Seseorang yang mengalami kecelakaan, apalagi termasuk parah pastinya akan banyak kehilangan darah. Kategori ini juga sangat penting, karena jika tidak menjalani transfusi darah, kemungkinan besar akan menyebabkan seorang pasien meninggal dunia. Ketiga, seseorang yang mengalami penyakit seperti Anemia (kekurangan darah), Ginjal, dan lain-lain. Oleh karena itu, beliau berpesan agar kita tidak takut untuk donor darah, karena satu kantong darah bisa menyelamatkan 2 orang.

Kepedulian terhadap orang lain memang harus ditanamkan sejak dini, karena kodratnya kita hidup untuk saling berdampingan dan saling membantu. “Tidak harus uang, darah pun jadi untuk kita bagikan,” ujar salah seorang pendonor yang datang. Partipasi juga tidak hanya datang dari tim medis RSUD OKU Timur, tetapi juga dari PT. Vivo Indonesia yang turut mensponsori kegiatan itu. Aditya, perwakilan dari PT. Vivo mengucapkan  banyak terimakasih, karena  telah diikutsertakan dalam acara yang diadakan oleh prodi Ekonomi. “Kami sangat berterimakasih telah diikutsertakan dalam acara ini, semoga acara ini berjalan dengan lancar,” ungkapnya ketika memberikan sambutan.

Kegiatan yang diusung oleh prodi ekonomi ini juga dijadikan ajang untuk memperat tali silaturahmi antar mahasiwa, khususnya mahasiswa prodi ekonomi. Keakraban yang terjalin saat itu sangat terasa, semua membaur menjadi satu. Kegiatan itu ditutup dengan penyerahan piagam untuk seluruh panitia yang diberikan langsung oleh ketua panitia, Nanda Novriansha, dan diakhiri dengan tepuk tangan yang riuh dari para panitia. (By. Ainun)

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *